cara merawat ac mobil
Saat ini banyak pemilik mobil yang masih banyak salah persepsi tentang ac mobil.
Selama sistem ac masih dingin, maka beberapa pemilik mobil enggan untuk mengecek
kondisi sistem ac. Padahal siste ac mobil juga memerlu perawatan secara rutin, sama
seperti bagian lain dari kendaraan.
Dan para pemilik mobil enggan mengetahui bagaimana cara kerja
ac system dan sebagainya. Para pemilik kendaraan masih
mempunyai paradigma yang salah. Bahwa ac kalau masih belum ada masalah, belum
ke bengkel. Ujung-ujungnya yang rusak pasti adalah kompresor.
Kompresor adalah jantungnya dari sistem ac, bagian itulah
yang membutuhkan pelumasan dan pelumas kompresor harus di ganti secara rutin
seperti halnya pada oli mesin agar kompresor itu tidak jebol dan bunyi ngorok.
Nah, pelumas itulah yang tidak pernah terpikirkan pemilik mobil yang mempunyai pandangan salah. Beebeda dengan oli mesin, untuk oli mesin kebanyakan orang sudah paham dengan proses penggantian oli mesin setiap 5000km sekali pasti di ganti. Tapi untuk sistem ac tidak pernah terpikirkan, karena tidak adanya
edukasi. Sehingga selagi ac masih dingin terus di pakai

Semua kompresor dengan tipe apapun bergerak dengan kompresi.
Yang namanya kompresor itu pasti ada piston, dimana piston ini bergerak dengan
mengkompresikan yang sistemnya dia membutuhkan pelumasan. Bayangin saja kalau
oli itu tidak di ganti pasti imbasnya kompresornya minta adik,,, :D
Tujuan pelumasan sendiri adalah untuk melumasi dinding
linier dan piston. Jika oli tidak di ganti maka kompresor di paksa bekerja dan
berakibat dengan kondisi kompresor yang bunyi “ngorok” dan harus di ganti.
Paling banyak kalau bengkel bengkel di luar itu kalau
kompresor sudah bunyi ngorok pasti di vonis harus ganti baru, kalau sudah
ngorok keausannya di pastikan tingkat keausannya sudah tinggi. Keausan itu sendiri di akibatkan adanya gesekan gesekan antara piston dan dinding silider dan oli yang tidak pernah di ganti.
maka dari itu ganti oli kompresor secara rutin
setiap 20.000km sekali atau kurang lebih satu tahun sekali, tergantung dari
pemakaian kendaraan itu sendiri. Dan jangan sampai anda merogoh kocek lebih
dalam untuk mengganti kompresor dari pada cuman buat gnti kompresor mending
buat yang lainkan atau buat jajan anak,,,, hehehe :D
Jangan sampai tiba tiba kompresor rusak, mobil semurah
apapun kalau kompresornya rusak pasti mengganggu finansialnya. Ingat perawaatan
rutin lebih murah intinya lebih baik mencegah dari pada mengobati dalam
kesehatan. kalau dalam dunia otomotif lebih baik servis berkala dari pada
mengganti :D
Dan jangan cuman pada kompresor saja yang di perhatikan.
Tapi komponen lainya di dalam ac juga harus di cek dan di bersihkan secara rutin.
Misalnya : filter kabin di bersihkan tiap 3 bulan sekali,
untuk evaporator di bersihkan setiap 6 bulan sekali sedangkan untuk kompresor
lebih lama lagi yakni setiap setahun sekali jangan lupa olinya di ganti
Posting Komentar