Pesan Produk Sekarang

KEUNGGULAN DAN KEKURANGAN KONFIGURASI MESIN V DAN SEGARIS


 


Dalam kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi dan pengetahuan tentang mesin kendaraan bermotor ntah itu mesin sepeda motor atau mobil menurut saya sama saja,.... :D
oke langsung saja kita ke materinya.
Dalam beberapa kendaraan saat ini telah ditawarkan dengan beragam konfigurasi mesin. Dan dalam dekade ini yang paling seriing kita ketahui dan yang di produksi kebanyakan mengusung konfigurasi mesin tipe V dan segaris (inline).
nah,,,!! samapi sini ada yang tau gak konfigurasi mesin v & inline itu apa sih???
1. mesin v



mesin yang mengusung tipe konfigurasi v yaitu mesin yang susunan piston dan silinder berada pada bidang yang terpisah. Jika kita lihat sepanjang sumbu crankshaft maka akan kita ketahui bahwa konfigurasi mesin ini membentuk huruf 'V'.









Biasanya, konfigurasi mesin tipe V ini memiliki sudut sudut yang berbeda. Saat ini umumnya sudut mesin V antara 45, 60 dan 90 derajat. dalam silinder pada mesin ini tertata di beberapa bidang yang membentuk sebuah sudut. Pada mesin tipe V, pemasangan piston dari masing-masing bak silinder biasanya terbagi satu crank pin pada crankshaft. Adapun keunggulan mesin tipe V adalah, mesin ini memiliki piston yang lebih banyak dan mesin dimensi mesin lebih pendek. Mesin tipe ini mempunyai torsi atau tenaga yang lebih besar dan crankshaft yang lebih kecil. Mesin tipe V memiliki power to weight ratio yang jauh lebih baik dan tarikan lebih responsif. Adapun kekurangan dari, mesin tipe V adalah:
- memiliki komponen yang lebih banyak, 
-lebih berat dan lebih komplek,
- mesin tipe V juga lebih mahal.
2.mesin inline (segaris)


 
berbeda dengan mesin tipe v, silinder pada mesin inline biasanya disusun pada sebuah bak tunggal. dan mesin inline juga sering disebut sebagai mesin 'I' karena semua pistonnya terletak secara vertikal dan semua silindernya sejajar antara yang satu dengan lainnya.



Kalau mesin V harus berpasangan dan jumlah silindernya harus genap,berbeda dengan  mesin inline yang mampu dengan mudah menampung jumlah silinder yang berjumlah ganjil seperti silinder atau pistonya dalam satu mesin terdapat lima silinder atau tiga silinder.

Berikut beberapa keunggulan mesin inline di banding dengan mesin v adalah sebagai berikut:
-mesin ini memberikan keseimbangan secara alami. Artinya, mesin inline memiliki getaran yang lebih sedikit dan beban yang lebih rendah pada bearing di bandingkan tipe v.
-lebih mudah untuk dirawat dan lebih murah.
-Mesin tipe ini adalah pilihan yang lebih disukai untuk kebutuhan torsi tinggi. Sebab, mesin ini memiliki langkah yang panjang dan lebih banyak massa rotasi. 

Namun mesin inline juga mempunyai kekurangan antara lain sebagai berikut:
-dimensi atau ukuran mesin lebih panjang dan memakan banyak tempat. Hal itu mungkin mempengaruhi aerodinamika, bahkan daya kuda yang lebih kecil.
-mesin ini juga mempunyai bobot yang lebih berat. Karena mesin inline memerlukan blok yang keras dan lebih kuat sehingga ini akan berpengaruh terhadap berat dari kendaraan itu sendiri.
Menurut saya pilihan tipe-tipe mesin ini tergantung pada dengan preferensi individu masing. Jika seseeorang yang mencintai dengan kendaraan yang memiliki tenaga dan performa yang tinggi, kendaraan bertipe mesin V adalah jawabannya. Namun, jika memilih kendaraan tipe mesin V ini maka konsumsi bahan bakarnya akan jauh lebih boros dan akan menguras dompet dan atm anda :D.

Sementara mesin tipe inline sangat cocok bagi individu yang ingin kendaraannya irit bahan bakar dan ramah lingkungan dan yang menginginkan kendaraan dengan harga murah serta biaya pemeliharaannya yang rendah dan mudah di lakukan maka lebih baik memilih mesin kendaraan yang berkonfigurasi mesin inlne atau segaris.
oke demikian tadi adalah beberapa karakateristik dan perbedaan dari mesin kendaraan bermotor yang memiliki tipe mesin v dan inline. cukup sekian penjelasan dari saya dan semoga bermanfaat bagi kita semua.
terimakasih brother and sister

Koleksi Produk Lainnya :

Posting Komentar

 
Copyright © 2014. BukaBaju Template - Design: Gusti Adnyana